Biaya serta Syarat Perpanjang SIM Online dan Layanan Keliling

Surat Izin Mengemudi (SIM) memiliki masa berlaku 5 tahun sehingga tak jarang orang lupa apa saja syarat perpanjang SIM. Padahal, memperpanjang SIM sangat penting karena dokumen ini wajib dimiliki oleh setiap pengendara motor maupun mobil.

Sesuai ketentuan, SIM harus diperpanjang sebelum masa berlakunya habis. Jika terlambat, pemilik SIM harus mengikuti ujian ulang untuk membuat SIM yang baru. Oleh karena itu, jangan menunda untuk memperpanjang SIM, apalagi sekarang Anda bisa memperpanjang SIM dengan mudah secara online atau di fasilitas layanan keliling.

Jenis-Jenis SIM di Indonesia

Sebelum membahas cara dan syarat perpanjang SIM, Anda perlu mengetahui jenis-jenis SIM yang ada di Indonesia. Hal ini penting karena tidak semua jenis SIM bisa diperpanjang secara online atau di layanan keliling.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, terdapat dua jenis SIM, yaitu SIM untuk pemilik kendaraan perorangan dan kendaraan umum. Setiap jenis SIM memiliki ketentuan berbeda.

Jenis SIM Perorangan

Menurut Peraturan Kepala Kepolisian Nomor 9 Tahun 2012, SIM untuk kendaraan bermotor perorangan terdiri dari SIM A, SIM B I, SIM B II, SIM C, dan SIM D dengan ketentuan sebagai berikut.

  • SIM A: untuk pengendara mobil penumpang/ barang perorangan dengan berat total maksimal 3.500 dengan usia minimal 17 tahun.
  • SIM B I: untuk pengendara mobil penumpang/barang perorangan dengan berat total lebih dari 3.500 kg dengan usia minimal 20 tahun.
  • SIM B II: untuk pengendara alat berat, kendaraan menarik, atau kendaraan bermotor yang menarik tempelan/gandengan perorangan dengan berat lebih dari 1.000 kg dengan usia minimal 21 tahun.
  • SIM C: untuk pengendara sepeda motor dengan usia minimal 17 tahun.
  • SIM D: untuk pengendara kendaraan khusus bagi para penyandang disabilitas yang berusia minimal 17 tahun.

Jenis SIM Umum

Berbeda dengan SIM perorangan, SIM umum hanya terdiri dari 3 jenis, yaitu SIM A, SIM B I, dan SIM B II.

  • SIM A Umum: untuk pengemudi mobil penumpang/ barang umum dengan berat total maksimal 3.500 dengan usia minimal 20 tahun.
  • SIM B I: untuk pengemudi mobil penumpang/ barang perorangan dengan berat total lebih dari 3.500 kg dengan usia minimal 22 tahun.
  • SIM B II: untuk pengemudi kendaraan alat berat, kendaraan menarik, atau kendaraan bermotor yang menarik tempelan/gandengan umum yang beratnya lebih dari 1.000 kg dengan usia minimal 23 tahun.

Cara dan Syarat Perpanjang SIM secara Online

Dengan memperpanjang SIM secara online, Anda tidak perlu mengantre lama. Selain itu, proses perpanjangan SIM juga bisa dilakukan di mana saja, tidak harus dilakukan di kota asal sesuai KTP pemohon karena layanan ini sudah terintegrasi dengan e-KTP. Namun, perlu diketahui bahwa perpanjangan SIM online hanya dapat dilakukan untuk SIM A dan SIM C.

Sistem online juga tidak berarti Anda bisa membuat SIM sendiri hanya dengan memasukkan data ke website resmi. Anda tetap harus datang ke Kantor Satpas/Gerai SIM/SIM Keliling dengan membawa syarat perpanjang SIM yang diminta. Sistem online hanya digunakan untuk mengisi data registrasi yang dapat diakses oleh petugas kepolisian.

Cara Memperpanjang SIM secara Online

Cara memperpanjang SIM secara online sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka website resmi untuk perpanjangan SIM online di alamat sim.korlantas.polri.go.id
  2. Pilih menu “Pendaftaran SIM Online”.
  3. Masukkan data sesuai yang diminta pada laman “Data Permohonan”, meliputi jenis permohonan, golongan SIM, nomor SIM, serta Polda kedatangan, Satpas kedatangan, dan lokasi kedatangan yang dipilih untuk melakukan validasi data.
  4. Isi formulir “Data Pribadi” sesuai dengan yang tertera di KTP.
  5. Masukkan informasi “Data Keadaan Darurat Dapat Dihubungi” yang terdiri dari 3 informasi penting, yaitu orang yang bisa dikontak untuk keadaan darurat (hubungan nama, alamat, dan nomor telepon), data validasi (nama ibu kandung), dan data sertifikasi (pernah mengikuti kursus mengemudi atau tidak).
  6. Lakukan konfirmasi data yang diinput, yaitu konfirmasi mengenai tempat Anda akan melakukan validasi data, apakah melalui Satpas, Gerai SIM, atau SIM Keliling.
  7. Tunggu email konfirmasi sebagai bukti Anda sudah melakukan registrasi perpanjangan SIM secara online.
  8. Lakukan pembayaran biaya perpanjangan SIM sesuai jumlah tagihan yang tertera melalui bank yang telah ditunjuk oleh Korlantas Polri, baik melalui ATM, mesin EDC, atau teller bank.
  9. Dengan membawa syarat perpanjang SIM yang sudah disiapkan, datanglah ke Kantor Satpas di tempat dan waktu sesuai dengan yang Anda isikan ketika melakukan registrasi online untuk melakukan pengambilan foto, perekaman sidik jari, dan pengambilan SIM baru.

Syarat Memperpanjang SIM secara Online

Setelah registrasi online berhasil dilakukan, siapkan seluruh syarat perpanjang SIM yang diminta untuk dibawa ke Kantor Satpas/Gerai SIM/SIM Keliling, yang terdiri dari:

  • e-KTP dan fotokopinya;
  • SIM lama dan fotokopinya;
  • Surat keterangan kesehatan mata dari dokter ;
  • Bukti registrasi online; dan
  • Bukti transfer pembayaran tagihan biaya perpanjangan SIM.

Baca juga: Memahami Syarat Balik Nama Motor Paling Lengkap dan Akurat

Cara dan Syarat Perpanjang SIM di Layanan Keliling

Sama seperti sistem online, perpanjangan SIM di layanan keliling juga hanya bisa dilakukan oleh pemegang SIM A dan SIM C. Selain di hari kerja, perpanjangan SIM di layanan keliling dapat dilakukan pada hari Sabtu hingga pukul 12.00 WIB dengan cara sebagai berikut.

  1. Datanglah ke lokasi SIM keliling yang terdekat dengan membawa persyaratan lengkap, lalu ambil nomor antrean.
  2. Lakukan pemeriksaan kesehatan.
  3. Lakukan pembayaran biaya perpanjangan SIM dan premi asuransi (opsional) di loket pembayaran atau loket bank, tergantung lokasi layanan SIM keliling.
  4. Isi formulir permohonan perpanjangan SIM yang berisi data-data antara lain nama lengkap, alamat, nomor SIM, dan sebagainya.
  5. Serahkan berkas perpanjangan SIM yang telah Anda siapkan.
  6. Lakukan pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan.
  7. Setelah itu, tunggulah hingga Anda dipanggil untuk mengambil SIM baru yang sudah selesai dicetak.

Sementara itu, syarat perpanjang SIM di layanan SIM keliling terdiri dari:

  • Formulir pendaftaran yang sudah diisi lengkap;
  • KTP asli yang masih berlaku dan fotokopinya;
  • Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter; dan
  • SIM asli yang akan diperpanjang.

Baca juga: Syarat Perpanjang STNK Mobil dan Motor Beserta Prosedurnya

Biaya Perpanjangan SIM

Salah satu syarat perpanjang SIM yang wajib dipenuhi adalah membayar biaya yang ditetapkan berdasarkan ketentuan di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Bukan Pajak (PNBP) di Kepolisian Negara Republik Indonesia. Besar biaya tersebut adalah:

  • SIM A : Rp80.000,00
  • SIM B I dan B II : Rp80.000,00
  • SIM C : Rp75.000,00
  • SIM D : Rp30.000,00

Demikianlah informasi mengenai cara dan syarat perpanjang SIM dengan cara online dan melalui layanan SIM keliling. Mudah dan praktis, bukan? Jadi, segera lakukan perpanjangan SIM Anda sebelum terlambat.

Leave a Comment