Semakin Langka, Inilah Spesifikasi Lengkap Suzuki Inazuma 250

Persaingan pasar di dunia otomotif khususnya sepeda motor sangat ketat. Terdapat banyak jenis sepeda motor yang laris di pasaran, antara lain motor skuter automatic dan sepeda motor sport. Motor sport juga lebih dikenal dengan nama motor gede atau moge. Suzuki, sebagai salah satu produsen sepeda motor juga tak mau kalah saing dengan meluncurkan Suzuki Inazuma 250 pada 2012 yang lalu.

Suzuki meluncurkan Inazuma 250 untuk bersaing dengan kompetitor seperti Kawasaki Ninja 250R dan Honda CBR250R. Tidak seperti kedua pesaingnya, Inzuma tampil berbeda dengan body yang lebih ramping. Sepeda motor yang satu ini lebih cocok untuk touring jarak jauh karena menawarkan posisi berkendara yang nyaman. Lalu seperti apakah spesifikasi lengkap dari Inazuma 250? Berikut ini penjelasannya.

Desain Suzuki Inazuma 250

1. Konsep Desain Sepeda Motor Touring

Suzuki sangat menonjolkan konsep touring pada motor Inazuma 250 ini. Konsep ini sangat terlihat di bagian body yang tidak menggunakan full fairing. Terobosan ini terbilang berani karena sangat berbeda dari motor sport 250 cc lainnya. Tidak adanya fairing membuat mesin besar dengan dua buah knalpot lebih terekspos. Kesan yang ingin ditampilkan yaitu tangguh, menawan, dan sangar.

Untuk meningkatkan kenyamanan ketika berkendara, Suzuki menyematkan setang berjenis Cruise. Beralih ke bagian belakang, Anda dapat melihat spakbor Inazuma 250 yang menggantung. Kesan sporty semakin terlihat nyata berkat penempatan lampu sein yang menempel.

Jok untuk tempat duduk pengendara dan penumpang dibuat lebar dan empuk. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan selama berkendara, meskipun menempuh jarak yang jauh. Bentuk jok Suzuki Inazuma juga disesuaikan dengan riding position yang tepat agar pengemudi tidak mudah merasa lelah.

2. Desain Lampu yang Futuristik

Lampu utama merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah sepeda motor. Suzuki sangat memperhatikan desain pada bagian ini tanpa mengesampingkan fungsi utamanya. Head lamp didesain agar terlihat seperti menatap siapa saja yang ada di depannya. Ada 3 buah lampu yang terdiri dari 1 buah lampu utama dilengkapi dengan

Kesan modern dan futuristik tidak hanya ditonjolkan dari lampu utama. Lampu sein juga semakin mempertegas kesan ini karena Suzuki meletakannya di bagian shroud. Bentuknya tidak begitu lebar ke samping agar tidak mengganggu kenyamanan pengemudi.

Beralih ke bagian belakang, Anda akan menjumpai sebuah stop lamp dengan bentuk yang unik. Stop lamp yang akan menyala ketika pengemudi mengerem kendaraan ini berbentuk segitiga dengan bagian atas runcing. Bentuk lampu ini semakin mempertegas kesan modern yang dimiliki Suzuki Inazuma 250.

3. Spedometer dengan Fitur Lengkap

Sebagai motor yang didesain untuk touring, Inazuma 250 menampilkan informasi yang sangat lengkap pada spedometer atau dashboard. Memadukan teknologi analog dan digital, inilah beberapa informasi yang ditampilkan:

  • Kecepatan berkendara
  • Kecepatan putaran mesin (RPM)
  • Indikator lampu utama dan lampu sein
  • Indikator persneling
  • Indikator sisa bahan bakar
  • Indikator suhu mesin
  • Waktu
  • Riding option
  • Jarak tempuh (trip meter)

Suzuki Inazuma 250

Dimensi Suzuki Inazuma 250

Sepeda motor touring memang didesain lebih besar dibandingkan dengan sepeda motor lainnya. Berikut ini detail dari Inazuma 250.

  • Panjang motor total : 2,145 mm
  • Lebar motor total : 760 mm
  • Tinggi motor total : 1,075 mm
  • Jarak antara dua roda : 1,430 mm
  • Jarak terendah dari tanah : 165 mm
  • Tinggi jok : 780 mm
  • Berat motor : 182 kg
  • Kapasitas maksimal BBM : 13,3 liter

Detail dimensi di atas menjadikan Inazuma 250 ini sangat ideal untuk touring jarak jauh. Bobot Inazuma 250 yang mencapai 182 kg cocok untuk dikendarai orang dewasa, bahkan untuk yang memiliki badan besar sekalipun.

Kaki-kaki Suzuki Inazuma 250

Bodi yang cukup berat milik Inazuma 250 harus ditopang dengan kaki-kaki yang tangguh. Oleh sebab itu, Suzuki menggunakan velg dengan diameter 17 inchi. Velg sebesar ini dibalut dengan ban berukuran 140/70 di bagian belakang dan 110/80 di bagian depan. Ban berukuran besar ini membuat Inazuma 250 menjadi lebih stabil ketika dibawa untuk perjalanan.

Motor membutuhkan suspensi untuk meredam getaran dan membuat pengendaranya lebih nyaman dalam perjalanan. Suspensi depan pada Inazuma 250 menggunakan sistem teleskopik. Sedangkan shock breaker belakang menggunakan model mono yang dilengkapi dengan oli sebagai peredam. Ban besar dilengkapi dengan suspensi empuk adalah perpaduan sempurna untuk motor touring.

Sistem pengereman masih sangat berhubungan dengan kaki-kaki. Rem digunakan untuk menghentikan laju kendaraan. Sistem pengereman pada Suzuki Inazuma 250 sudah menggunakan sistem kepingan cakram untuk kedua rodanya. Kelebihan sistem ini adalah lebih responsif dan dapat melakukan pengereman dengan lebih baik dan juga lebih aman.

Baca juga: Japstyle dan Perkembangannya

Mesin Suzuki Inazuma 250

Nama yang diberikan kepada motor ini oleh Suzuki dengan menyematkan angka 250 di belakang kata Inazuma. Angka tersebut memberikan tanda bahwa mesin yang dipakai pada touring bike ini berkapasitas 250 cc atau seperempat liter. Kapasitas dapur pacu yang cukup besar ini diimbangi dengan mesin 2 silinder. Dengan begitu, Inazuma jadi memiliki 2 buah knalpot atau lubang pembuangan emisi.

Teknologi yang digunakan pada mesin Inazuma 250 yaitu Single Over Head Camshaft (SOHC). Daya maksimal yang dapat dihasilkan oleh mesin ini adalah 24 PS. Sedangkan torsi maksimal yang dihasilkan adalah sebesar 22 Nm. Dengan torsi yang besar, motor ini dapat digunakan untuk menembus segala jenis medan yang berat. Cocok sekali untuk kebutuhan touring.

Inazuma 250 memiliki 6 langkah kecepatan yang dapat diatur dengan tranmisi manual. Sebagai sepeda motor yang diproduksi pada tahun 2012, Inazuma 250 sudah menggunakan teknologi Fuel Injection (FI). Suzuki sudah tidak menyematkan teknologi karburator seperti pada pendahulunya. Konsumsi bahan bakar pada motor ini terbilang cukup irit, 1 liter bensin dapat digunakan untuk menempuh jarak 27 km.

Baca juga: Mobil Kurang Nyaman Dikendarai? Saatnya Spooring Balancing

Fitur Unggulan Suzuki Inazuma 250

Setelah membahas detail dari Inazuma 250, kini saatnya Kita membahas tentang fitur unggulan dari sport bike yang satu ini. Beberapa fitur unggulan dari Inazuma 250 antara lain:

1. Spedometer lengkap dan futuristik

Fitur unggulan pertama dari Suzuki Inazuma 250 terletak pada spedometernya. Di atas sudah dibahas bahwa spedometer pada motor touring ini menampilkan setidaknya 9 indikator penting. Inilah yang dibutuhkan oleh pengemudi agar mengetahui kondisi sepeda motor yang dikendarainya secara lebih detail.

2. Mode Berkendara

Ada 2 mode berkendara yang bisa Anda pilih ketika menggunakan Inazuma 250. Mode tersebut adalah normal riding dan eco riding. Jika Anda ingin lebih hemat bahan bakar, sebaiknya aktifkan mode eco. Tapi kalau Anda ingin performa yang maksimal, berkendaralah dengan mode normal riding.

3. Radiator berukuran besar

Mesin dengan dua silinder membutuhkan pendinginan ekstra dibandingkan mesin 1 silinder. Oleh sebab itu, Suzuki menyematkan radiator berukuran besar. Tujuannya adalah agar pendinginan pada mesin berjalan dengan baik dan mesin tidak mudah overheat.

Leave a Comment