Mobil Kurang Nyaman Dikendarai? Saatnya Spooring Balancing

Jika Anda memiliki kendaraan roda empat, wajib bagi Anda untuk mengetahui apa itu spooring balancing. Ini merupakan perawatan yang akan menentukan bagaimana kenyamanan yang Anda rasakan saat berkendara dengan mobil Anda tersebut.

Mungkin Anda selama ini sudah melakukan perawatan kendaraan roda empat secara rutin. Anda sudah melakukan pergantian oli secara reguler. Anda juga selalu meminta mekanik untuk mengecek spare-part. Jika ada yang perlu diganti, Anda akan langsung meminta spare-part tersebut untuk diganti.

Namun, apakah Anda pernah melakukan perawatan mobil berupa spooring dan balancing?

Dari sekian banyak perawatan mobil, perawatan satu ini yang hanya sedikit orang ketahui. Bagi orang yang tidak banyak tahu mengenai otomotif atau belum lama memiliki mobil, spooring dan balancing ini sangat asing. Padahal, ini perawatan yang penting untuk memastikan mobil selalu nyaman untuk dikendarai.

Kapan Mobil di Spooring dan Balancing?

Anda pasti tahu kapan harus mengganti oli mesin. Ini ditentukan seberapa jauh mobil sudah Anda gunakan. Anda juga bisa rasakan bagaimana mesin mobil. Jika sudah terasa kasar, oli sebaiknya diganti.

Akan tetapi, apakah Anda tahu kapan harus spooring balancing? Sebelumnya, Anda perlu tahu apa itu spooring dan balancing. Ini merupakan perawatan bagian roda mobil. Ada kondisi di mana roda tidak lagi simetris satu sama lagi. Kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan karena bisa berakibat lebih fatal lagi. Yang pasti, kenyamanan berkendara kurang.

Nah, salah satu manfaat spooring dan balancing adalah untuk membuat roda mobil kembali simetris. Berikut ini tanda-tanda kapan Anda sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel untuk di spooring:

  1. Setir Terasa Goncang

Anda tidak perlu keluar dari dalam mobil lalu mengamati kondisi keempat roda mobil apakah masih simetris atau tidak. Anda bisa mengetahui hal tersebut ketika Anda berada di belakang setir.

Coba saja pacu mobil Anda dalam kecepatan yang cukup tinggi. Misalnya saja di atas 80 km per jam. Rasakan getaran pada setir mobil. Apakah getaran atau guncangan di tangan terasa begitu keras? Jika ya, ada kemungkinan mobil perlu di spooring balancing. Karena salah satu tanda roda tidak simetris adalah adanya getaran yang kencang pada setir saat mobil melaju kencang.

  1. Setir Belok dengan Sendirinya

Kondisi roda masih bagus ketika setir tidak berbelok sendiri. Anda bisa cek dengan cara melanju di jalan yang lurus. Lalu, lepaskan setir secara perlahan. Jika setir berbelok sendiri, entah itu ke kanan atau ke kiri, itu pertanda ada masalah dengan roda. Perawatan spooring dan balancing diperlukan.

  1. Setir Tidak Kembali ke Posisi Semula

Hampir semua mobil keluaran terbaru sudah menggunakan power steering. Fitur ini membuat setir bisa kembali ke posisi semula dengan sendiri setelah dibelokkan, entah ke kanan atau ke kiri. Selain itu, power steering juga membuat setir lebih enteng dan mudah dikendalikan.

Akan tetapi, jika setelah belok setir tidak kembali ke posisi semua, itu tanda mobil butuh spooring dan balancing. Atau bisa juga ada masalah dengan power steering. Biarkan mekanik melakukan pengecakan. Yang pasti, salah satu fungsi spooring balancing adalah agar setir kembali ke posisi semula setelah diputar membelok ke kanan atau ke kiri.

  1. Salah Satu Roda Botak Lebih Dulu

Karena kondisi roda-roda mobil tidak balance, maka ada salah satu roda yang menjadi korban. Entah itu bagaimana yang depan atau yang belakang, entah yang kanan atau yang kiri, roda lebih cepat botak atau habis. Ini juga yang menjadi tanda mobil butuh spooring dan balancing.

Pada intinya, spooring dan balancing adalah service atau perawatan yang dilakukan agar keempat roda mobil seimbang. Mobil baru tidak perlu spooring. Namun, untuk mobil yang sudah digunakan beberapa tahun, spooring sangat diperlukan. Banyak sekali faktor yang menyebabkan hal tersebut. Yang pasti, terlihat tanda-tanda seperti yang sudah dijelaskan di atas, segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk mendapatkan service spooring balancing.

Apa yang Menyebabkan Mobil Kurang Balance?

Secara sederhana, spooring dan balancing adalah service yang dilakukan oleh mekanik agar sudut geometri roda depan dan belakang selaras. Dengan demikian, mobil bisa melaju dengan lebih baik. Pengendara pun lebih mudah untuk mengendalikan laju mobil.

Mobil yang sudah digunakan bertahun-tahun biasanya mengalami masalah seperti yang satu ini. Roda tidak balance atau selaras. Penggunaan yang lama menjadi salah satu fakor penyebabnya.

Akan tetapi, ada kemungkinan juga mobil yang relatif masih baru juga sudah mengalami masalah ini. Faktor penyebabnya tidak hanya lamanya penggunaan mobil tapi juga kondisi jalan yang dilewati. Jika Anda sering melewati jalan yang berlubang atau berbatu (belum diaspal), risiko roda mobil tidak balance sangat tinggi. Sekalipun mobil Anda masih baru, Anda harus melakukan spooring balancing.

Mobil yang sering digunakan untuk mengangkut penumpang atau barang melebihi yang ditentukan juga menjadi penyebab lainnya. Beban yang terlalu berat membuat roda harus bekerja lebih keras. Ini juga yang sering menjadi penyebab mobil baru pun butuh untuk di spooring.

Oleh sebab itu, bukan hanya mobil tua saja yang membutuhkan perawatan ini. Bahkan, langkah antisipasi lebih diperlukan. Agar keempat roda mobil Anda tetap balance, sebaiknya lakukan pengecekan secara rutin.

Baca juga: 10 Mobil Offroad Paling Tangguh dan Tips Memilihnya

Proses Spooring dan Balancing Roda Mobil

Mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Ini tidak hanya harus diterapkan untuk kesehatan tapi juga untuk perawatan mobil. Jangan sampai Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak ketika mobil sudah rusak parah. Anda harus melakukan pencegahan. Dan proses spooring serta balancing merupakan salah satu cara pencegahan agar tidak terjadi hal yang lebih buruk lagi.

Biaya spooring balancing tidak mahal. Prosesnya pun tidak lama. Apalagi sekarang alat spooring dan balancing sudah semakin canggih. Alat tersebut digunakan untuk mendeteksi sudut keempat roda mobil. Jika sudut tidak balance, maka mekanik akan melakukan tugasnya untuk mengembalikan setelan roda seperti sediakala.

Setidaknya ada 3 jenis alat spooring balancing yang digunakan oleh bengkel.

  1. Model Konvensional

Ini merupakan alat kuno di mana ada kabel yang ditempelkan pada roda. Kabel tersebut dikoneksikan ke komputer. Di layar komputer tersebutlah mekanik akan melihat roda bagian mana yang perlu di balance-kan.

  1. Model Infrared

Alat penyetel keselarasan roda mobil yang satu ini sedikit lebih canggih. Alat ini tidak membutuhkan kabel untuk mengetahui sudut roda mobil, melainkan menggunakan infrared.

  1. Model 3D

Ini alat spooring balancing yang paling canggih saat ini. Dengan menggunakan alat ini, mekanik tidak perlu memasang apapun di roda mobil. Mesin akan melakukan scanning untuk mendapatkan informasi mana dari keempat roda yang perlu dilakukan balancing.

Anda pasti ingin sekali memiliki mobil yang nyaman untuk dikendarai. Dan tidak harus beli mobil baru jika Anda ingin berkendara nyaman. Mobil yang sudah lama pun akan tetap nyaman jika Anda melakukan perawatan secara rutin. Salah satunya adalah perawatan bagian roda, yaitu spooring balancing.

Leave a Comment